Penggunaan AI di Industri Hiburan

Teknologi kecerdasan buatan atau AI kini mulai di gunakan di berbagai industri hiburan. Hal ini bisa kita lihat dengan adanya film, game, musik, dan siaran televisi yang telah menerapkan penggunaan teknologi ini. Ini membuktikan bahwa penggunaan AI di industri hiburan telah terjadi. Salah satunya adalah adanya industri musik korea yang menggabungkan AI ke dalam konsepnya.

Teknologi kecerdasan buatan di industri hiburan di gunakan untuk meningkatkan pengalaman penonton, meningkatkan produktivitas, serta efisiensi. Dalam hal ini ada beberapa hal dalam industri hiburan yang telah menerapkan teknologi AI antara lain:

Penggunaan AI di Industri Hiburan

Dibaca juga  : game olympus penghasil uang

Music Generative

Music generative merupakan teknologi AI yang di gunakan untuk menciptakan musik yang unik dengan menggunakan algortima. Algoritma yang di maksud dapat menganalisis dan mengambil komponen dari musik yang ada. Teknologi ini kemudian akan menggabungkannya menjadi komposisi musik yang baru.

Adanya AI sebagai music generative membantu para produser dalam menciptakan sebuah musik. Penggunaan AI di industri hiburan ini memungkinkan para produser untuk menciptakan genre atau tren musik terbaru. Selain itu, teknologi ini akan memperkaya jenis dan ragam musik di masa mendatang.

Virtual Reality

Virtual reality atau VR adalah teknologi yang menciptakan lingkungan yang dapat di interaksikan secara nyata melalui perangkat elektronik. Perangkat yang di maksud adalah seperti kacamata VR atau perangkat lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna merasakan sensasi seperti berada di tempat kejadian simulasi. Apa yang di masukkan ke dalam VR ini bisa berupa dunia nyata atau dunia fantasi

Penggunaan VR di industri hiburan dapat meningkatkan interaski antara penonton dengan konten. Ini biasanya di gunakan dalam video game, film, atau bahkan acara televisi. Penggunaan VR ini menambah kesan nyata walaupun pengguna tidak sedang berada di lokasi.

Pembuatan Konten

Penggunaan AI di industri hiburan berikutnya adalah dengan pembuatan konten. Dalam bebapa fim, video klip, atau video game, karakter yang di tampilkan bisa jadi merupakan sebuah AI. Pembuatan karakter animasi ini di berikan kesan hidup dan alami sehingga seakan Рakan apa yang di lakukan  karakter benar Рbenar terjadi.

Konten – konten yang menggunakan AI di dalamnya seperti konten interaktif, konten penampilan artis, konten musik video, dan sebagainya. Salah satu yang paling sering di terapkan adalah penggunaan AI dalam video game. Karakter yang di ciptakan dalam video game tersebut di buat senyata mungkin untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam memainkan game.

Konsep Musik

Salah satu penerapan AI yang unik adalah pada konsep musik. Salah satu grup K-Pop asal Korea Selatan, yaitu aespa, menggunakan konsep AI atau avatar pada masing – masing member. Hal ini menunjukkan bahwa agensi yang menaungi grup tersebut menerapkan penggunaan AI di industri hiburan.

Selain aespa, ada lagi MAVE. Berbeda dari aespa yang menggunakan AI sebagai avatar masing – masing member, MAVE menggunakan AI untuk seluruh konsep mulai dari member hingga proses pembuatan musik video. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar K-Pop karena MAVE di nilai sebagai grup korea dengan komposisi keseluruhan berupa virtual.

Penggunaan AI dalam industri hiburan masih akan terus berkembang dan di terapkan dalam berbagai bentuk konten hiburan. Ini akan meningkatkan pengalaman penonton dan memungkinkan para profesional hiburan untuk menciptakan konten yang lebih inovatif dan menarik. Penggunaan AI ini di harapkan akan membuat pengalaman dan inovasi para pegiat konten dan enterain menjadi lebih baik.

Di baca juga : Teknologi Cloud Computing

Tinggalkan komentar